*Ahmad Dzakirin
Mantan perdana Menteri Turki dan pejuang sejati Islam, Necmetin Erbakan, Ahad  (27/2) berpulang ke Rahmatullah. Beliau meninggal dalam usia 85 tahun karena gagal jantung setelah dirawat di rumah sakit Ankara sejak Januari lalu. Kepergian beliau jatuh sehari sebelum peringatan kudeta militer atas dirinya di 1997.

Militer dalam radiogramnya menyatakan duka cita atas wafatnya Erbakan dan menyampaikan penghargaan atas pengabdiannya kepada Turki. Sementara PM Erdogan, bekas muridnya yang kemudian berpisah jalan setelah kudeta militer segera memperpendek lawatannya ke Jerman agar dapat menghadiri pemakaman mantan gurunya tersebut. Dalam pesannya, dia mengutarakan bahwa sosok Erbakan adalah guru dan pemimpin teladan bagi generasi muda karena perjuangan dan prinsip-prinsip yang dipegangnya. Pemimpin Ikhwanul Muslimin, DR. Mohammed Badie juga menyampaikan duka citanya yang mendalam atas kepergiaan beliau. 

Najmuddin Erbakan adalah sosok pejuang yang mendedikasikan sepenuh hidupnya  untuk Islam dan umat. Pemikiran dan cara pandangnya tersebut tertuang dalam Milli Gorus (pandangan nasional) yang menjadi visi dan misi gerakan Islam Turki sejak 1969. Kerja keras dan ketangguhannya telah memberikan kontribusi besar bagi kebangkitan Islam dan arah politik Turki sekarang ini. Partai Refah yang dibentuknya memenangkan pemilu di Turki. Erbakan menjabat posisi PM setelah berkoalisi dengan Partai Jalan Kebenaran Tancu Ciller. Kekuasaannya akhirnya ditumbangkan oleh militer dan partai politiknya dilarang. Namun sejak itu, kekuatan politik Islam telah menjadi realitas politik yang tidak dapat ditundukkan di negeri yang sebelumnya dikendalikan oleh militer yang super sekuler. Turki masa kini semakin dekat dan reseptif terhadap Islam. Turki pasca Erbakan kini mampu memulihkan harga diri dan kebanggaan dunia Islam.

Pejuang Tangguh

Necmetin Erbakan dilahirkan di Sinop, Laut Hitam, Turki Utara. Setelah menamatkan pendidikan SMA di Istanbul Lisesi, beliau melanjutkan pendidikan tingginya berturut-turut di Istanbul Technical University (ITU) dan RWTH Aachen University hingga memperoleh gelar PhD. Erbakan sempat bekerja di industry strategis militer Jerman dan menjabat kepala teknisi disana. Dia adalah ilmuwan jenius yang menjadi arsitek tank tempur canggih pada saat itu, Leopard AI. Namun gelegak pengabdiannya kepada Islam dan tanah air mendorongnya kembali ke Turki dan menjadi dosen di bekas almamaternya, ITU. Tidak lama kemudian, dia terjun di dunia politik, menjabat deputi walikota di Konya  dan akhirnya membentuk partai Islam pertama di 1970-an, Partai Ketertiban Nasional. Namun setahun kemudian, partai tersebut dilarang militer karena dianggap bertentangan dengan konstitusi.

Erbakan tidak berputus asa, dia kembali membentuk Partai Keselamatan Nasional. Partai. Dalam pemilu 1973, partai secara mengejutkan memperoleh suara 11,8 persen dan menyabet 48 kursi namun dalam pemilu 1977, perolehan suaranya turun 8,56 persen dan menyisakan 24 kursi di parlemen dan akhirnya berkoalisi dengan Partai  Rakyat Republik, Bulent Ecevit. Namun partai ini kembali dibekukan melalui kudeta militer di 1980-an. Partai Keselamatan Nasional dibubarkan dan Erbakan dilarang berpolitik.

Erbakan tidak berputus asa. Seiring berakhirnya larangan berpolitik di 1987, dia membentuk Partai Refah. Dalam pemilu 1995, partai secara mengejutkan memenangkan pemilu, memperoleh lebih dari 21 persen suara, tertinggi diantara partai-partai politik yang ada sehingga berhak membentuk kabinet.  Erbakan menjadi PM pertama dari partai Islam di Turki. Selama masa kekuasaaanya yang singkat, Erbakan membuat banyak gebrakan. Dia  mengkritik keras sekularisme, Uni Eropa dan Zionis Israel yang menjadi sekutu dekat militer. Dia berinisiatif membentuk D8 (Developing Eight) yang beranggotakan delapan negara-negara Islam utama. Asosiasi ini  dicita-citakannya sebagai aliansi alternatif dunia Islam melawan hegemoni dan ketidakadilan Barat.

Di dalam negeri,  dia melakukan serangkaian reformasi ekonomi serius dalam upayanya mendongkrak kesejahteraan rakyat melalui pelbagai pendekatan. Di kota Konya, jejak Erbakan diingat masyarakat karena telah mengangkat harkat ekonomi masyarakat setempat. Daerah miskin yang diabaikan pemerintah sebelumnya menjadi kota indah yang bergeliat. Di Istanbul, tangan dingin melalui tangan dingin, walikota Erdogan, yang menjadi orang kepercayaan Erbakan saat itu mampu mengurai benang kusut kota terbesar Turki yang terjebak dalam keruwetan kemacetan, kekumuhan, minim air bersih dan pelbagai salah kelola lainnya. Namun kini, Istanbul menjadi salah satu tujuan wisata terkemuka dunia dengan keindahan dan warisan sejarahnya. Masa kekuasaan Erbakan memang pendek namun partai Refah telah meninggalkan kesan mendalam bagi rakyat Turki akan kebersihan, kejujuran dan kerja keras. Kurang setahun, pemerintahan Erbakan dikudeta, Partai Refah dibubarkan dan Erbakan kembali dilarang berpolitik. 

Sejak itu, Erbakan berpisah jalan dengan Erdogan dalam menyikapi kudeta militer. Sang murid bersama kolega mudanya memutuskan mendirikan partai politik baru bernama Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP). Sejak itu, sang mentor berturut-turut mendirikan Partai Kebajikan dan kemudian berganti menjadi Partai Kebahagiaan. Namun Kendati dia dilarang berpolitik seumur hidup namun warisan dan pandangannya telah tersublimasi kedalam pikiran dan kerja para pengikutnya dan di hati rakayat Turki. Tidak heran, Erdogan dalam pesannya menyatakan, “Dia akan selalu dikenang atas apa yang diajarkan kepada kami dan karena kepribadiannya yang tangguh.”

Namun diluar itu semua, adalah menjadi realitas tak terbantahkan bahwa eksistensi gerakan Islam ada dan selalu tumbuh dalam hati rakyat Turki. Pelbagai kudeta boleh terjadi dan pelbagai partai politik silih berganti namun dukungan dan afiliasi politik rakyat tetap diberikan kepada gerakan Islam. Eksistensi gerakan Islam secara sosiologis telah tertranformasi dalam logika mistikal rakyat Turki tentang kehadiran Imam al Mahdi (ratu adil dalam konsep Jawa) yang tergantikan di sepanjang sejarah Turki Modern. Dan peran transformasi itu tak dapat dipisahkan dari tangan dingin Erbakan yang dengan penuh kesabaran menebar tunas Islam, menyirami dan menyiangi tunasnya serta menjaganya hari demi hari dari gangguan gulma hingga tanaman itu menjadi tegak kokoh dan saatnya memberikan buah kebajikan kepada sekelilingnya. Erbakan telah mentransformasikan gagasan dan ide Islam menjadi kekuatan kultural yang hadir dalam sanubari rakyat Turki yang beriman. Dia membalas kudeta demi kudeta dengan kesabaran dan kerja keras hingga akhirnya gerakan Islam menjadi kekuatan tangguh Turki yang tak tergantikan dan Insya Allah tidak terkalahkan.

Dan untuk itu, Demi Allah, aku menyaksikan Erbakan telah melakukannya. Selamat jalan pejuang dan Bapak Spiritual Turki. Selamat berbahagia menemui Dzat yang kau cintai dan kau curahkan seluruh waktu dan jalan hidupmu untuk-Nya. Semoga Allah SWT menyambutmu dengan keridloan-Nya dan menempatkan dirimu bersama para Syuhada, Shaddiqin dan Shalihin disisi-Mu. Amiiin.


"Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit, pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat. Dan perumpamaan kalimat yang buruk seperti pohon yang buruk, yang telah dicabut dengan akar-akarnya dari permukaan bumi; tidak dapat tetap (tegak) sedikitpun".(QS Ibrahim 24-26)

0 Komentar

Posting Komentar

Silahkan mengisi komentar dan masukan yang konstruktif dibawah ini:

Inspiring Quote of The Day: Toleransi (al Samahah) secara terminologi adalah kemurahan hati, memberi tanpa balas. Dengan kata lain toleransi berarti keramahan dan kelemahlembutan dalam segala hal dan interaksi tanpa mengharap imbalan ataupun balas jasa. Toleransi merupakan karakter dasar Islam dan telah menjadi sifat praktis-realis umat di sepanjang sejarahnya yang agung" (Muhammad Imarah)

TITLE--HERE-HERE

Recent Post

Archive

Song of The Day


Mahir Zain - Sepanjang Hidup Mp3
Mp3-Codes.com

Arsip Blog

Penikmat Blog Ini

Komentar Anda:


ShoutMix chat widget